Jln. Condet Pejaten No. 17 B, Jakarta Selatan

Tlp/Fax : (021)79183262

Mobile : 0813 1757 4500

Email : mitraseni_indonesia@yahoo.com / info@mitraseniindonesia.com

UNESCO Tetapkan Pantun sebagai Warisan Budaya Takbenda Indonesia-Malaysia

UNESCO Tetapkan Pantun sebagai Warisan Budaya Takbenda Indonesia-Malaysia

Jakarta - 

UNESCO atau United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization telah menentukan status pantun di jajaran warisan budaya dunia. UNESCO menetapkan pantun sebagai warisan budaya takbenda.

Pengumuman pantun sebagai warisan budaya takbenda diumumkan UNESCO lewat akun Twitter mereka, @UNESCO, seperti dilihat detikcom, Jumat (18/12/2020). UNESCO memberikan selamat kepada Indonesia dan Malaysia.


"Pantun, sebuah syair Melayu yang berima dalam lagu dan tulisan, baru saja ditorehkan ke dalam daftar #WarisanTakbenda," tulis UNESCO.

"Selamat #Indonesia dan #Malaysia," imbuh UNESCO dalam pernyataan mereka.

Adapun ciri-ciri pantun terdiri dari 4 baris, setiap baris terdiri atas 8-12 suku kata. Pantun memuat sampiran dan isi dengan rima a-b-a-b.

Sebelumnya diberitakan, jadwal persidangan pantun oleh UNESCO sempat diungkap oleh Kepala Subdirektorat Warisan Budaya Tak Benda Direktorat Warisan dan Diplomasi Budaya Kemendikbud, Binsar Simanullang, saat berkegiatan di Sleman, Yogyakarta, tahun lalu.

"Sekarang ini lagi berproses. Tahun 2019 ini ada pencak silat sudah kita ajukan dan nanti Desember ini akan disidangkan di Bogota, Kolombia. Kemudian tahun 2020 ada pantun. Kita sudah usulkan pantun dan akan disidangkan tahun 2020," jelasnya, Selasa (5/11/2019).

"Pantun kita usulkan bersama-sama dengan Malaysia, jadi (pantun) usulan bersama dengan Malaysia. Pantun akan disidangkan tahun 2020. Selanjutnya tahun 2021 kami juga sudah mengusulkan gamelan, itu akan disidangkan tahun 2021," lanjutnya.

 

https://news.detik.com/berita/d-5299926/unesco-tetapkan-pantun-sebagai-warisan-budaya-takbenda-indonesia-malaysia

About Author

Mitra Seni Indonesia

Mitra Seni Indonesia disingkat MSI adalah perkumpulan yang bersifat nirlaba dan non politik yang merupakan wadah bagi yang peduli/pemerhati/pecinta/pelaku seni rupa dan kesenian pada umumnya. Selengkapnya >