Jln. Condet Pejaten No. 17 B, Jakarta Selatan

Tlp/Fax : (021)79183262

Mobile : 0813 1757 4500

Email : info@mitraseniindonesia.com

Teknik Melukis dengan Cat Minyak untuk Pemula

Teknik Melukis dengan Cat Minyak untuk Pemula

Jika baru memulai belajar menggunakan cat minyak, Anda bisa mempelajari tiga teknik ini.

  1. Teknik Scumbling. Teknik ini menggunakan sedikit mungkin cat minyak pada kuas berbulu kaku. Hasil dari tenik ini adalah efek berteksur yang akan mengekspos warna cat dasar. Scumbling juga dikenal sebagai teknik kering karena tidak menggunakan tambahan medium lainnya. Anda bisa mengaplikasikan teknik ini untuk melukis sesuatu yang patah atau pecah, seperti serat daun.
  2. Teknik Alla Prima (wet on wet)Teknik ini merupakan cara melukis langsung tanpa menunggu lapisan sebelumnya mengering. Biasanya seniman menggunakan teknik ini sebagai pamungkas saat menyelesaikan lukisannya. Pada metode yang lebih tradisional, yang menunggu lapisan sebelumnya kering sebelum ditimpa cat berikutnya, seorang seniman bisa menambah puluhan lapisan baru sebelum akhirnya lukisan tersebut selesai. Tentu saja metode ini memakan waktu, karena cat minyak baru sepenuhnya mengering selama beberapa hari hingga bulan. Teknik ini biasanya dipraktikan oleh seniman impresionis, yang memungkinkan mereka segera menangkap cahaya secepat mungkin.
  3. Teknik Glazing. Glaze merupakan teknik yang cukup populer pada lukisan cat minyak, biasanya diaplikasikan pada lapisan atas yang sudah mengering. Saat menggunakan teknik ini, sebaiknya menggunakan warna yang bening atau tembus pandang. Putih, misalnya, sebaiknya tidak digunakan sebagai pelapis karena akan memudarkan warna sebelumnya. Ketika melakukan selapis demi selapis, warna akan terlihat menyatu dengan sangat baik dan memberikan efek yang sangat indah, terutama untuk melukis profil manusia.  

Sumber: www.drawpaintacademy.com

Foto: Texture photo created by freepik - www.freepik.com

About Author

Mitra Seni Indonesia

Mitra Seni Indonesia disingkat MSI adalah perkumpulan yang bersifat nirlaba dan non politik yang merupakan wadah bagi yang peduli/pemerhati/pecinta/pelaku seni rupa dan kesenian pada umumnya. Selengkapnya >