Jln. Condet Pejaten No. 17 B, Jakarta Selatan

Tlp/Fax : (021)79183262

Mobile : 0813 1757 4500

Email : mitraseni_indonesia@yahoo.com / info@mitraseniindonesia.com

Cara Tangklung Jelita Mitra Seni Indonesia Lestarikan Musik Tradisional

Cara Tangklung Jelita Mitra Seni Indonesia Lestarikan Musik Tradisional

KBRN, Jakarta : Tangklung Jelita Mitra Seni Indonesia (MSI) kembali pentas melalui pergelaran Gerakan Batik Nusantara di Jakarta Convention Center, Kamis (9/5/2019).

Melalui pentas ini, Tangklung Jelita semakin menunjukkan musik tradisional dapat terus dikembangkan tidak hanya dari segi gender yang kerap dimainkan oleh laki-laki. Namun, para kaum hawa dapat juga menunjukkan keindahan bermusik yang tidak hanya menghibur ruang dengar tapi juga melestarikan budaya dalam negeri dengan melebarkan sayap hingga ke luar negeri.

"Sebenarnya kita banyak sekali musik tradisional yang harus kita kembangkan dan dimasyarakatkan. Kayak musik kolintang, originally, itu dimainkan oleh laki-laki, tapi kita di sini karena anggota MSI itu kebanyakan ibu-ibu sehingga ini kita mainkan juga. Ini salah satu bentuk kita melestarikan alat musiknya dan musik tradisional," tutur Ketua Umum MSI, Sari Ramdhani, Kamis (9/5/2019).

Sejalan dengan itu, Kordinator Tangklung MSI, Ine Soemiatno melihat langkanya alat maupun musik yang dimiliki oleh Indonesia seharusnya dapat menjadi misi penting bagi generasi muda untuk menerukan bambu dan kayu estafet ini.

"Dua jenis musik etnik ini memiliki satu khas dari dua alam lingkungan bambu dan kayu musik indah, saya kira negara lain tidak punya. Makanya saya ingin melestarikan dan Insyallah secara resmi nanti akan memertunjukkan seni musik ini di nusantara dulu kemudian dilebarkan ke mancanegara," pungkasnya.

Sumber: http://rri.co.id/post/berita/670381/budaya_dan_wisata/cara_mitra_seni_indonesia_jelita_lestarikan_musik_tradisional.html

About Author

Mitra Seni Indonesia

Mitra Seni Indonesia disingkat MSI adalah perkumpulan yang bersifat nirlaba dan non politik yang merupakan wadah bagi yang peduli/pemerhati/pecinta/pelaku seni rupa dan kesenian pada umumnya. Selengkapnya >